BPBD

BPBD

ASN BPBD dan OPD di Kota Magelang Ikuti Diklat Manajemen Bencana Dasar, Luring dan Daring

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.ID – Sebanyak 30 aparatur sipil negara (ASN) Kota Magelang dan 8 di antaranya dari BPBD mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) teknis Dasar Manajemen Bencana (DMB).

Diklat diselenggarakan atas kerja sama BKPSDM Kota Magelang dengan BPBD Kota Magelang dengan sistem blended learning selama 5 hari mulai 8-14 Maret 2023.

Diklat dibuka oleh Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Teknis, Sumarhendro SSos, Rabu 8 Maret 2023.

Pada tanggal 8-11 Maret 2023, diklat diadakan secara daring melalui kantor masing-masing dan 13-14 Maret diselenggarakan secara luring di Komplek Kampus Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Jawa Tengah Provinsi Jawa Tengah, Semarang.

Diklat DMB wajib diikuti ASN sebelum dapat mengikuti pelatihan-pelatihan lanjutan terkait kebencanaan. Adapun 30 peserta terdiri dari lintas sektoral OPD yang ada di Magelang yaitu, BPBD, Bappeda, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, DP4KB, DPUPR, Dishub, Disperkim, Disperpa, Dinarpus, Satpol PP (UPT Damkar), Dinas Sosial, 6 kelurahan dan 3 kecamatan se-Kota Magelang.

Materi disampaikan oleh narasumber Pusdiklat BNPB, BPBD Provinsi dan Dinarpus Provinsi Jawa Tengah serta Widyaiswara BPSDMD Provinsi Magelang dengan materi antara lain Konsep dan Prinsip Penanggulangan Bencana, Manajemen Risiko, Manajemen Kesiapsiagaan dan materi lainnya terkait kebencanaan.

Kepala BPBD Kota Magelang, Machbub mengungkapkan bahwa pelatihan ini perlu dilakukan untuk membangun kolaborasi dan sinergi antar OPD dalam penanganan bencana.

“Sehingga kedepannya akan memudahkan dalam penanganan kebencanaan di Kota Magelang dan 30 peserta ini diharapkan dapat lulus dan menularkan ilmu yang dimiliki untuk membangun Kota Magelang,” jelasnya.

Hendra, salah satu peserta dari Dinas Pendidikan yang juga merupakan guru di SMP 5 Kota Magelang menambahkan, bahwa diklat semacam ini perlu diikuti juga oleh pengajar di sekolah guna mempersiapkan kesiapsiagaan anak didik menghadapi bencana yang mungkin terjadi.

“Melalui kurikulum Satuan Pendidikan Aman Bencana siswa bisa dibangun sejak dini budaya sadar bencana,” katanya. (hen)

oleh Magelang Ekspres

Penulis: Heni Agusningtyas

Editor: Nur Imron Rosadi

Bagikan :
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email

BPBD KOTA MAGELANG

Alamat : Tidar Baru, Jl. Lamtoro No.71, Tidar Sel., Kec. Magelang Sel., Kota Magelang, Jawa Tengah 56126

 

Telp : (0293) 319 3701

E-mail : bpbd@magelangkota.go.id

TAUTAN TERKAIT