BPBD

BPBD

Baru Dibentuk, BPBD Kota Magelang “Tancap Gas” Latih Mitigasi Bencana

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Setelah dibentuk, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Magelang langsung tancap gas. Sebanyak 60 warga dari 17 kelurahan yang ada diberikan pelatihan agar selalu siap siaga dan mampu menekan kerugian akibat bencana.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Magelang, Machbub Yani Arfian mengatakan, mengenali wilayah sendiri menjadi cara melatih warga mampu memilih jalur evakuasi aman saat bencana terjadi. Metode ini mengajak masyarakat untuk tahu seluk-beluk wilayahnya sendiri melalui gambar peta mandiri.

”Kota Magelang walaupun wilayahnya kecil hanya 18,53 kilometer persegi tapi rawan terjadi bencana longsor. Harapannya dengan memberikan pelatihan ini, warga bisa memitigasi secara mandiri,” kata Machbub, di sela Penguatan Kapasitas Kawasan Masyarakat Daerah Longsor di Kantor BPBD setempat, kemarin.

Pemetaan wilayah longsor, katanya, menjadi tanggung jawab semua pihak, termasuk masyarakat. Diharapkan, dengan pemetaan ini mampu memitigasi risiko bencana longsor.

”Seperti kita tahu, hampir setiap tahun terjadi bencana longsor dan angin kencang di Kota Magelang. Terutama di daerah dengan kontur tanah yang lembek serta daerah terjal, yang merata di semua kecamatan,” ucapnya.

Dia juga meminta, selain mitigasi masyarakat juga bisa berperan aktif menangani bencana longsor. Salah satunya dengan gotong-royong melakukan proses evakuasi, dan lain sebagainya.

”Kita tidak berharap ada longsor, tapi kalaupun terjadi budaya kita yaitu gotong-royong harus selalu digerakkan untuk mengurangi beban saudara kita yang tengah terkena musibah,” jelasnya.

Machbub juga berharap, materi pelatihan dan pembekalan ini tidak berhenti. Masyarakat yang lain, harus menerima pengetahuan ini agar penanganan bencana bisa kompak dilaksanakan.

Sementara itu, narasumber dari Garda Rescue Kota Magelang, Heri Prawoto menjelaskan bahwa mitigasi adalah metode pencegahan timbulnya risiko besar saat bencana terjadi. Menurut dia, selain longsor, Kota Magelang juga memiliki kerawanan angin kencang dan pohon tumbang.

”Kita harus senantiasa waspada, tapi juga jangan terlalu ketakutan. Ketika terjadi bencana, kita tahu apa yang harus dilakukan untuk meminimalisasi kerugian yang diderita,” tandasnya. (wid)

Bagikan :
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email

BPBD KOTA MAGELANG

Alamat : Tidar Baru, Jl. Lamtoro No.71, Tidar Sel., Kec. Magelang Sel., Kota Magelang, Jawa Tengah 56126

 

Telp : (0293) 319 3701

E-mail : bpbd@magelangkota.go.id

TAUTAN TERKAIT