BPBD

BPBD

BPBD Kota Magelang Adakan Simulasi Aktivasi Sistem Komando Libatkan TNI dan Polri

Sabtu (09/12) BPBD Kota Magelang menyelenggarakan Rakor Kesiapsiagaan Hadapi Bencana Hidrometereologi dan Simulasi Aktivasi Sistem Komando Penanganan Darurat Bencana di Kantor BPBD Kota Magelang. Acara dibuka oleh Kepala Pelaksana BPBD Kota Magelang, Machbub Yani Arfian kemudian dilanjutkan penyampaian materi oleh Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Herwanto Tri Sungkowo.

Kegiatan berlangsung setelah diadakan apel kesiapsiagaan dan berada di tenda posko untuk menciptakan aura posko Komando Penanganan Darurat Bencana dan dihadiri oleh tim TRC lintas sektoral yang dibentuk berdasarkan SK Wali Kota.

Herwanto mengatakan upaya yang telah dilakukan dalam menghadapi bencana hidrometereologi yaitu membentuk Tim Reaksi Cepat lintas sektoral dari OPD teknis se-Kota Magelang.

“Aktivasi sistem komando dapat diaktifkan apabila kepala daerah menetapkan status tanggap darurat bencana.” Ujarnya. Saat ini beberapa kota/Kabupaten mengeluarka SK Siaga dan SK Darurat Bencana. Kota Magelang semoga tidak mengeluarkan SK serupa imbuhnya.

Dalam paparannya turut ditampilkan peta potensi rawan bencana dan potensi bencana hidrometeorologi Kota Magelang berdasarkan Kajian Risiko Bencana (KRB) yang tengah disusun oleh BPBD Kota Magelang.

Dengan simulai semacam ini akan membuka wawasan penanganan darurat bencana di Kota Magelang Kata Tutus salah satu peserta. Harapanya di tingkat RT diberikan pelatihan serupa.

Dalam kegiatan tersebut juga membuka forum diskusi dan tanya jawab terkait penanganan bencana di Kota Magelang. Salah satu penanya, Slamet dari ORARI meminta adanya jalur evakuasi titik kumpul dan rambu-rambu kebencanaan di Kelurahan Rejowinangun Utara guna membangun kesadaran warga dalam menghadapi bencana.

Kota Magelang – BPBD Kota Magelang gelar apel kesiapsiagaan pada Sabtu (09/12) di Halaman Utama BPBD Kota Magelang. Apel dipimpin oleh Machbub Yani Arfian selaku Kepala Pelaksana BPBD Kota Magelang yang diikuti oleh gabungan TRC Lintas Sektoral dan para relawan dari berbagai organisasi.

Adapun dasar penyelenggaraan apel kesiapsiagaan berpedoman pada Surat Edaran (SE) Gubernur Jawa Tengah yang mengarahkan untuk setiap daerah melaksanakan apel guna merapatkan barisan dalam kerja sama penanganan bencana dan mensosialisasikan keberadaan BPBD agar lebih dikenal di lingkungan masyarakat. Ancaman bencana hidrometeorologi diprediksikan oleh BMKG akan berlangsung selama enam bulan kedepan dengan puncak musim penghujan jatuh pada Bulan Februari.

“Acara ini dikemas dalam bentuk sarasehan untuk membangun komunikasi dan meningkatkan koordinasi serta menjaring masukan dari para relawan dan pihak terkait dalam penanganan bencana”.

Bagikan :
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email

BPBD KOTA MAGELANG

Alamat : Tidar Baru, Jl. Lamtoro No.71, Tidar Sel., Kec. Magelang Sel., Kota Magelang, Jawa Tengah 56126

 

Telp : (0293) 319 3701

E-mail : bpbd@magelangkota.go.id

TAUTAN TERKAIT