BPBD

BPBD

BPBD Kota Magelang Ikuti Pendampingan Teknis Pengerahan SDM Penanganan Darurat Bencana

Selasa (28/3) Kepala Pelaksana BPBD Kota Magelang hadiri pembukaan Pendampingan Teknis   Pengerahan Sumber Daya Manusia Penanganan Darurat Bencana di Hotel Indoluxe Sleman. Kegiatan diselenggarakan oleh BNPB selama 4 hari (28-31/3) diikuti 26 BPBD baik Provinsi maupun Kota/Kab di Indonesia. BPBD Kota Magelang mengikutsertakan Kepala Bidang Kesiapsiagaan dan Pencegahan bersama satu orang JF Penata Penanggulangan Bencana.

Adapun pembahasan yang diberikan tak jauh dari langkah manajerial penanganan darurat bencana. Hari pertama, kegiatan dibuka oleh Kalaksa Provinsi DIY yang dilanjutkan dengan arahan dari Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB. Sistem Komando Penanganan Darurat Bencana (SKPDB) menjadi materi pembuka yang diberikan kepada peserta. Dengan adanya sistem struktur komando ini akan membangun tata hubungan kerja mulai dari koordinasi, pengendalian, pemantauan, dan evaluasi kegiatan secara efektif dan efisien ada masa tanggap darurat bencana. Materi kedua kaitannya dengan Kaji Cepat dan Aktivasi Posko yang berfungsi sebagai pusat komando operasi penanganan darurat bencana. Kemudian, Penyusunan Rencana Operasi menjadi materi penutup pendampingan teknis hari pertama. Rencana operasi disusun berdasarkan masukan penanganan bencana yang termasuk dalam rencana kontijensi dan informasi bencana untuk mencapai tujuan penanganan darurat bencana secara aman dan akuntabel.

Sementara itu, pembahasan hari kedua menyinggung terkait manajerial penanganan bencana. Mulai dari manajemen penanganan pengungsi, dinamika penetapan status darurat bencana, dan pengerahan sumber daya darurat, serta konsep Gladi ruang atau Table Top Exercise (TTX) dan Gladi posko atau Command Post Exercise (CPX). Hari ketiga (30/3) kegiatan menekankan pada metode praktik. Peserta diarahkan untuk mengikuti berbagai simulasi dari materi yang diberikan pada dua hari sebelumnya. Simulasi ini terbagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama dan kedua terkait TTX Tahapan Penanganan Darurat Bencana. Sedangkan, sesi ketiga Tahapan Penanganan Darurat Bencana. Adapun hari terakhir pendampingan teknis ditutup dengan evaluasi simulasi yang sebelumnya telah dilaksanakan

Bagikan :
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email

BPBD KOTA MAGELANG

Alamat : Tidar Baru, Jl. Lamtoro No.71, Tidar Sel., Kec. Magelang Sel., Kota Magelang, Jawa Tengah 56126

 

Telp : (0293) 319 3701

E-mail : bpbd@magelangkota.go.id

TAUTAN TERKAIT