BPBD

BPBD

Kepala Pelaksana BPBD Kota Magelang Mahcbub Yani Arfian : Waspadai Bencana di Musim Kemarau

Beralaskan terpal di bawah rindangnya pohon langka di Taman Kyai Langgeng (TKL) Ecopark, puluhan relawan kebencanaan menandatangani komitmen bersama, Rabu (26/6/2024)

Mereka siaga dengan ancaman bencana musim kemaru panjang.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Magelang Mahcbub Yani Arfian mengungkapkan, BMKG memprediksi sebagian besar wilayah di Indonesia akan memasuki musim kemarau.

Kota Magelang satu – satunya Kota di Jawa Tengah yang aman dari bencana kekeringan. Kendati demikian, pihaknya tak mau lengah.

“Kita tetap harus mewasdai terjadinya kebakaran lahan pada musim kemarau tahun ini,” kata Machbub usai mendatangani komitmen bersama penanggulangan bencana daerah, agar penanggulangan bencana berjalan tanpa kendala.

Pihaknya juga memprogramkan peningkatan kapasitas relawan.

Salah satunya melalui koordinasi dan simulasi manajemen posko.

Pihaknya juga menggandeng PMI Kota Magelang untuk memberikan pengetahuan baru terkait manajemen posko kepada relawan.

Kemudian dilanjutkan dengan studi kasus.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Magelang Wahidin Sektianto menambahkan, selain guna meningkatkan kapasitas relawan kebencanaan, melalui penandatangan komitmen ini sebagai wujud kerja sama antar lembaga dalam penanggulangan bencana yang mungkin terjadi di Kota Magelang.

Acara ini memang dikemas secara sederhana dan tidak di dalam ruangan agar peserta merasakan suasana berbeda dibangingkan koordinasi dalam ruangan.

Acara ini dihadiri sekitar 40 orang. Terdiri atas pejabat fungsional penanggulangan bencana BPBD Kota Magelang, satgas, Tim Reaksi Cepat (TRC), juga dihadiri relawan berbagai perwakilan komunitas relawan, seperti Garda Relawan Indonesia, Tagana, Baguna, dan SARKota. (put/aro)

Bagikan :
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email

BPBD KOTA MAGELANG

Alamat : Tidar Baru, Jl. Lamtoro No.71, Tidar Sel., Kec. Magelang Sel., Kota Magelang, Jawa Tengah 56126

 

Telp : (0293) 319 3701

E-mail : bpbd@magelangkota.go.id

TAUTAN TERKAIT