BPBD

BPBD

Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional

Sirine berbunyi lantang pada pukul 10.00 hari ini Rabu (26/4). Benar, Tanggal 26 April diperingati sebagai Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN).  Warga diminta untuk membunyikan kentongan dan sirine sebagai tanda bahwa kita siap untuk selamat. Himbauan ini guna membangun kesadaran warga agar siap ketika menghadapi bencana dengan mengenali potensi bencana di daerah masing – masing dan apa yang harus dilakukan ketika terjadi bencana.

Prediksi BMKG menyatakan bahwa peralihan musim ini memiliki potensi bencana akibat hidrometeorogi dengan hujan lebih lebat dan angin kencang yang dapat sebabkan pohon tumbang dan longsor. Kota Magelang pada hari Sabtu (22/4) saat terjadi hujan lebat disertai angin kencang akibatkan satu talud dan pondasi longsor di Kelurahan Wates dan Gelangan. Akibat longsor tersebut, akses jalan tertutup timbunan material.

BPBD Kota Magelang besama relawan dan warga memberikan penanganan darurat dengan membersihkan timbunan material dan menutup longsor dengan terpal agar tidak terjadi longsor susulan. Kepala BPBD Kota Magelang, Machbub mengungkapkan bahwa selama libur lebaran BPBD Kota Magelang rutin melaksanakan pemantauan dan siaga 24 jam untuk menangani bencana. Machbub menambahkan respon cepat relawan dan warga dalam bergotong royong dalam penanganan bencana perlu untuk terus dipupuk dan ditingkatkan karena seperti kejadian hari sabtu tidak dapat diprediksi sebelumnya walaupun BMKG telah mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem.

Bagikan :
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email

BPBD KOTA MAGELANG

Alamat : Tidar Baru, Jl. Lamtoro No.71, Tidar Sel., Kec. Magelang Sel., Kota Magelang, Jawa Tengah 56126

 

Telp : (0293) 319 3701

E-mail : bpbd@magelangkota.go.id

TAUTAN TERKAIT