BPBD

BPBD

Relawan Tanggap Bencana di Kota Magelang Masih Minim, BPBD Terus Sosialisasi

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES. DISWAY. ID-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Magelang memberikan sosialisasi kerelawanan kepada relawan Baznas Kota Magelang, Rabu(28/9). Sosialisasi tersebut bertujuan meningkatan kapasitas kualitas relawan yang ada.

Ketua Baznas Kota Magelang, Ahmad Zaenudin menjelaskan relawan Baznas Tanggap Bencana baru saja terbentuk sehingga perlu diberikan pelatihan agar terwujud relawan tangguh dan profesional sehingga mampu berkolaborasi dengan relawan lain saat terjadinya bencana di Kota Magelang.

“Relawan Baznas Tanggap Bencana (BTB) dituntut mampu bertindak profesional dalam penanganan bencana dan mampu untuk berkoordinasi dan berkolaborasi dengan relawan di luar Baznas,”ujarnya.

Saat ini tim relawan BTB baru berjumlah 6 personel, namun demikian dalam beberapa kerjadian bencana mereka telah turun ke lokasi bencana bersama relawan lain untuk turut atasi bencana.

Suyono, staf BPBD yang menjadi narasumber untuk relawan Baznas menyampaikan materi dan motivasi terkait kerelawanan. Suyono yang sudah lama berkecimpung menjadi relawan sebelum menjadi ASN BPBD ini mengungkapkan bahwa relawan harus benar– lbenar bergerak dengan hati untuk membantu sesama, dan memegang teguh panca darma relawan penanggulangan bencana yaitu mandiri, profesional, solidaritas, sinergi dan akuntabel.

“Relawan BTB perlu terus meningkatkan kemampuan dengan mengikuti pelatihan yang ada agar mampu menjadi relawan Baznas tanggap bencana,”katanya.

Salah satu perserta, Sugiono mengharapkan adannya pelatihan lanjutan agar kapasitas dan kualitas relawan dapat terus meningkat sehingga mampu diandalkan saat terjadinya bencana. (hen)

Bagikan :
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email

BPBD KOTA MAGELANG

Alamat : Tidar Baru, Jl. Lamtoro No.71, Tidar Sel., Kec. Magelang Sel., Kota Magelang, Jawa Tengah 56126

 

Telp : (0293) 319 3701

E-mail : bpbd@magelangkota.go.id

TAUTAN TERKAIT