BPBD

BPBD

Sosialisasi Mitigasi Bencana Tanah Longsor dan Banjir di Musim Penghujan

Sosialisasi Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) diselenggarakan oleh BPBD Kota Magelang dengan tema pencegahan bencana tanah longsor dan banjir di musim penghujan pada Jumat (12/5). Kegiatan ini dilaksanakan di Kelurahan Potrobangasan dengan menghadirkan narasumber dari BPBD Kabupaten Temanggung, Bapak Pria Andaka, S. Pd selaku Kepala Seksi Pencegahan Dan Kesiapsiagaan dan Anggota Komisi A DPRD Kota Magelang, Bapak Achmad Widodo. Peserta kegiatan ini berjumlah 30 orang.

Acara dimulai dari pemberian sambutan Lurah Potrobangasan, Ibu Susilowati S.Sos. Kemudian, dilanjutkan oleh sambutan Kalak BPBD Kota Magelang yang disampaikan oleh Sekretaris BPBD Kota Magelang, Putut Handoko, S, STP. Sebagai pemateri pertama, Pria Andaka, S. Pd menyampaikan pentingnya kewaspadaan masyarakat terhadap bencana tanah longsor dan banjir khususnya pada musim penghujan.  Bapak Pria menyebutkan faktor pemicu terjadinya longsor meliputi kemiringan lereng, kondisi atau jenis tanah, hujan, dan tergerusnya tanah oleh aliran air. Adapun, tanda-tanda terjadinya longsor yaitu terdengar suara gemuruh sebelum terjadi longsor, tanaman di lereng perbukitan banyak yang miring, adanya retakan dalam tanah, dan muncul rembesan air baru dari dalam tanah.

Sementara itu, Bapak Achmad Widodo sebagai pembicara kedua memberi motivasi agar masyarakat turut aktif dalam menanggulangi bencana tanah longsor dan banjir. Masyarakat dihimbau untuk meningkatkan kewaspadaan dan tanggap terhadap lingkungan sekitar. Sekiranya terdapat lahan miring yang gundul, masyarakat dapat bergotong royong untuk menanami pohon dan melakukan kegiatan positif lainnya guna pemanfaatan lahan tersebut.

Bagikan :
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email

BPBD KOTA MAGELANG

Alamat : Tidar Baru, Jl. Lamtoro No.71, Tidar Sel., Kec. Magelang Sel., Kota Magelang, Jawa Tengah 56126

 

Telp : (0293) 319 3701

E-mail : bpbd@magelangkota.go.id

TAUTAN TERKAIT