BPBD

BPBD

Studi Komparasi BPBD Kota Magelang ke Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung

Selasa (30/5) tim BPBD Kota Magelang melaksanakan studi komparasi ke Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DKPB) Kota Bandung di Kawasan Taman Hutan Raya Ir. Djuanda. Pertemuan disambut oleh Sekretaris DKPB, Bapak Iwan Rusmawan, SE., M.Si. dan segenap jajaran pegawai. Dalam waktu yang bersamaan, DKPB Kota Bandung menerima kunjungan kerja dari BNPB. Sehingga, diskusi dapat diikuti oleh tiga instansi yang berbeda. Adapun tujuan dari kunjungan BPBD Kota Magelang dalam rangka studi komparasi untuk menggali informasi berkaitan penanggulangan dan penanganan pascabencana di Kota Bandung. Pembahasan lebih berfokus pada jenis bencana gempa bumi.

Dalam penjelasannya, Bapak Iwan menyampaikan bahwa secara geografis Kota Bandung menjadi salah satu wilayah yang dilewati oleh sesar lembang. Kajian ancaman gempa bumi di Kota Bandung menggunakan probabilistik 10% dalam 50 tahun (PGA) menghasilkan 38% berada di kawasan sedang, 62% di kawasan ancaman tinggi.

Sementara itu, sebanyak 19 kecamatan di Bandung berada pada risiko tinggi untuk gempa, dan 8 kecamatan dengan risiko tinggi untuk banjir. Berdasarkan hasil kajian kapasitas nilai dari indikator yang paling rendah untuk semua bencana yaitu pengelolaan tanggap darurat • Non-struktural: Penguatan Kelembagaan pada saat tanggap darurat, salah satunya TRC • Struktural: membangun tempat dan jalur evakuasi serta tempat pengungsian di tingkat kelurahan.

Bagikan :
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email

BPBD KOTA MAGELANG

Alamat : Tidar Baru, Jl. Lamtoro No.71, Tidar Sel., Kec. Magelang Sel., Kota Magelang, Jawa Tengah 56126

 

Telp : (0293) 319 3701

E-mail : bpbd@magelangkota.go.id

TAUTAN TERKAIT