BPBD

BPBD

Warga Tidar Selatan Antusias Ikuti Sosis Blutuk Mitigasi Bencana

Magelang, kedu.suaramerdeka.com – Puluhan warga perwakilan 12 RW di Kelurahan Tidar Selatan antusias mengikuti pelatihan mitigasi bencana oleh BPBD Kota Magelang di aula kelurahan, Senin (20/2).

Hadir sebagai narasumber dari BPBD Temanggung, Toufur Wuryanto dan Anggota DPRD Kota Magelang Tyas Anggraeni.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Magelang, Machbub Yani Arfian mengatakan, pelatihan penanganan bencana ini diikuti sekitar 60 warga dari 12 RW di Kelurahan Tidar Selatan.

Pelatihan mengangkat tema “Peran Aktif Masyarakat dalam Pencegahan Bencana tanah longsor dan banjir”.

“Peserta kelihatan antusias mengikuti kegiatan sampai akhir acara. Tujuannya mitigasi bencana ini untuk membangun peran aktif masyarakat dalam penanganan bencana, khususnya di Kelurahan Tidar Selatan.

Pasalnya, Tidar Selatan memiliki potensi bencana tanah longsor di sepanjang bantaran sungai Elo,” ujarnya di sela kegiatan.

Dia menekankan pentingnya peran masyarakat dalam pencegahan dan penanganan bencana. Masyarakat dinilainya harus saling membantu dalam penanganan bencana.

“Pada tahun 2023 ini, kegiatan pelatihan akan rutin diadakan di tiap kelurahan agar terbangun masyarakat yang tangguh hadapi bencana,” tuturnya.

Selanjutnya, Tyas Angraeni sebagai narasumber mengajak kepada masyarakat untuk peduli, karena bencana banjir salah satu penyebabnya adalah perilaku manusia yang tidak bertanggung jawab dalam pengelolaan sampah perkotaan, termasuk membuang sampah di saluran air.

“Budaya gotong royong harus terus dibangun, tidak hanya menggantungkan pada pemerintah, warga harus sadar dan peduli dengan pangkas pohon yang punya potensi bencana dan bijak dalam kelola alam.

Mulai dari diri sendiri dengan membuang sampah pada tempatnya dan mendidik anak-anak budaya hidup bersih,” jelasnya.

Sementara itu, Toufur Wuryanto memaparkan potensi bencana di perkotaan dan mengajak warga menjadi agen perubahan dengan memetakan potensi bencana tiap RT.

Begitu juga mendorong warga berperan aktif memberikan laporan kepada BPBD saat terjadi bencana.

“Tak lupa, memberikan akses kepada tim regu penolong dan memberikan bantuan yang diperlukan,” tuturnya. (Asef Amani)***

Sumber : kedu.suaramerdeka.com

Editor: M. Nur Chakim

Bagikan :
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email

BPBD KOTA MAGELANG

Alamat : Tidar Baru, Jl. Lamtoro No.71, Tidar Sel., Kec. Magelang Sel., Kota Magelang, Jawa Tengah 56126

 

Telp : (0293) 319 3701

E-mail : bpbd@magelangkota.go.id

TAUTAN TERKAIT